Wajib tahu! Berikut 6 Manfaat Buah Semangka

Semangka Merah Non Biji A pcs

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah semangka? Semua orang pasti sudah mengetahuinya dan sebagian besar masyarakat Indonesia pun suka mengkonsumsinya. Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak, sehingga lebih cepat untuk menghilangkan rasa haus di tenggorokan dan sangat cocok dimakan ketika suasana panas. Ternyata, selain memberikan sensasi segar, buah semangka juga memiliki kandungan vitamin yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Yuk intip apa saja manfaat dari buah semangka ini.

Manfaat Buah Semangka

1.      Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan kalium. Kalium tersebut nantinya akan mengeluarkan endapan racun yang ada di dalam ginjal. Tidak hanya itu, kalium pada buah semangka ini dapat mengurangi asam urat dalam darah yang mana bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya batu ginjal.

2.      Menstabilkan Gula Darah

Salah satu pantangan bagi penderita diabetes adalah menghindari makanan dan minuman yang mengandung gula dalam kadar yang tinggi dan lebih banyak mengandung karbohidrat. Namun ternyata semangka dapat menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain mencegah batu ginjal, kalium di buah semangka juga dapat membantu meningkatkan insulin dalam tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ditekan dan perlahan menurun.

3.      Menjaga Kesehatan Jantung

Jumlah kalium dan magnesium pada buah semangka memang sangat tinggi. Kandungan tersebut pun dipercaya mampu menurunkan tekanan dara pada penderita hipertensi dan obesitas. Ada juga kandungan karotenoid yang dapat mencegah pengerasan dinding arteri dan vena, yang mana tindakan tersebut bisa mencegah terjadinya risiko serangan jantung, pembekuan darah, dan aterosklerosis.

4.      Baik Untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Rambut dan kulit merupakan bagian tubuh yang sering dirawat karena memang menjadi pusat perhatian. Selain melakukan perawatan dengan bahan-bahan kimia, kita juga bisa mendukungnya dengan banyak mengkonsumsi buah semangka. Bukanlah hal yang tabu lagi bahwa semangka memiliki kandungan Vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Vitamin A akan membantu memperbaiki sel kulit dan membuat kulit lebih kenyal dan tetap awet muda. Sementara Vitamin C bertindak dalam menyembuhkan jaringan ikat dan meningkatkan produksi kolagen.

5.      Meringankan Sakit Pada Nyeri Otot

Salah satu penyakit yang sudah familiar di masyarakat Indonesia adalah nyeri oto, baik yang disebabkan karena terlalu lama olahraga atau pun bekerja. Namun kita tidak perlu risau lagi, karena ternyata buah semangka yang bisa kita jumpai di mana saja dapat meringankan rasa sakit pada nyeri otot. Hal ini telah dibuktikan oleh para atlet yang selalu mengkonsumsi jus semangka sebanyak 473 ml 1 jam sebelum olahraga. Bahkan, semangka juga dapat menstabilkan denyut jantung karena adanya kandungan citrulline di dalamnya.

6.      Membantu Kebutuhan Cairan Tubuh

Sebagaimana kita ketahui bahwa 92% buah semangka adalah kandungan air dan elektrolit yang sangat bagus untuk mengembalikan cairan dalam tubuh, atau ketika kita merasa sedang dehidrasi. Kandungan tersebut juga sangat ampuh untuk menurunkan suhu tubuh dan tekanan darah.

Itulah 6 manfaat dari buah semangka yang sering kita jumpai di mana saja, mulai dari pasar hingga minimarket. Namun jika anda ingin mendapatkan buah semangka dengan kualitas yang sangat baik dan masih sangat fresh, anda bisa membelinya di TaniHub yang merupakan tempat perbelanjaan hasil pertanian terlengkap dan terbaik. Semangat berbelanja, ya!