Pertimbangkan 3 Hal Penting Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

Keberadaan pinjol cepat cair dan mudah ibarat dua mata pisau yang bisa bermanfaat jika digunakan dengan benar tetapi juga bisa melukai diri sendiri. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu memang sudah berniat mengajukan pinjaman online.

Masih hangat diangkat oleh media elektronik, seorang guru TK yang harus menanggung utang dari 40 lebih pinjaman online dengan nilai sampai puluhan juta rupiah. Sebabnya, kondisi finansial tidak mendukung disaat membutuhkan dana mendesak untuk biaya kuliah. Walhasil akhirnya harus gali lubang dan tutup lubang untuk menyelesaikannya.

Belum lagi dengan tenor yang dipilih sangat singkat kurang dari 14 hari bahkan ada yang hanya 7 hari saja. Menghindari hal serupa, berikut ini 3 hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam mengajukan pinjaman online.

1. Pilih hanya pinjaman online legal dan terdaftar di OJK

Berkaca dari guru TK yang terlilit pinjaman online, ternyata ada juga pinjaman online ilegal yang digunakan. Hanya sebagian kecil diantaranya pinjaman online legal.

Mengapa harus memilih pinjaman online legal? Alasannya karena perlindungan hukum terhadap konsumen. Pinjaman online legal yang sudah terdaftar di OJK wajib mematuhi beberapa aturan dan regulasi yang ketat. Hal tersebut semata-mata untuk perlindungan hukum kepada konsumen pun tidak menggugurkan kewajiban debitur terhadap kreditur atau perusahaan pinjaman online.

Bagi kamu yang awam cara mengecek perusahaan di OJK cukup dengan mengetikkan kata kunci pinjaman online legal terdaftar. Biasanya lewat pencarian google, beberapa media elektronik kredibel akan memberikan tautan daftarnya yang diambil sumbernya dari situs OJK. 

Bisa juga dengan mengunjungi situs resmi OJK dan mencari halaman berita tentang rilis pinjaman online terdaftar. Hal ini penting untuk diperhatikan karena ada juga perusahaan yang sebelumnya terdaftar menjadi tidak terdaftar atau turun peringkat karena alasan tertentu. Begitupun sebaliknya. 

2. Ajukan pinjaman online sesuai kebutuhan 

Pengalaman Guru TK yang terlilit pinjaman uang dalam kondisi darurat bukan untuk kebutuhan konsumtif melainkan untuk kebutuhan biaya kuliah. Namun, alasan pinjaman tersebut perlu diperhatikan dengan baik-baik terutama kondisi finansial.

Beberapa pakar keuangan menyarankan untuk mengajukan pinjaman yang besarannya tidak lebih dari sepertiga penghasilan. Sehingga untuk mencicilnya pun tidak memberatkan keuangan bulanan atau mingguan.

Akan lebih baik jika menyesuaikan dengan jadwal mendapatkan gaji. Jika penghasilan didapatkan setiap satu bulan sekali, hindari meminjam dengan tenor harian atau mingguan. Kecuali jika jatuh tempo pinjaman sudah diatur sehingga pada saat gajian bisa langsung dilunasi atau dibayarkan.

Lebih aman jika mengajukan pinjaman dengan tenor bulanan bahkan lebih. Tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya semakin lama pinjaman, bunga yang dibayarkan pun akan semakin tinggi, meskipun beban bayarnya menjadi lebih rendah. 

3. Pelajari bunga dan denda pinjaman online

Diantara ratusan pinjaman online pastilah ada salah satu yang cocok dengan standar yang sudah kamu tetapkan. Misalnya pinjaman online yang bunganya rendah baik bunga pinjaman maupun bunga dendanya.

Mengapa ini penting? Beban bulanan yang harus dibayarkan benar-benar harus dipertimbangkan antara pokok pinjaman dan bunganya. Makin tinggi bunganya, makin besar beban pengembaliannya yang harus dibayarkan tiap bulan.

Oleh karena itu, carilah pinjol cepat cair dan mudah bukan karena gampang daftarnya tetapi juga bunganya paling rendah, fleksibel, dan punya value lebih dibandingkan dengan pinjaman online sejenis.

Nah, coba deh kulik juga Kredivo. Salah satu pinjaman online yang sudah cukup lama dan pastinya terdaftar di OJK. Kenapa harus Kredivo? Kredivo punya bunga paling rendah hanya 2,6% saja per bulan. Dengan biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong di awal, kamu tidak perlu repot menyiapkan uang muka untuk pinjaman tunai.

Buat belanja dengan metode pembayaran dicicil tidak ada biaya admin, hanya perlu bayar bunga dan pokok pinjamannya dengan pilihan tenor 3,6 sampai dengan 12 bulan. Fleksibel banget kan? 

Nah, jika tertarik daftar, pelajari dulu dengan lengkap semua syarat dan ketentuannya yang bisa dilihat dari situs resmi Kredivo.id. Di situs itu, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi secara transparan. Tidak ada yang ditutupi sehingga debitur bisa paham risiko dan keuntungannya.