Suka Mengonsumsi Anggur? Inilah 7 Khasiatnya!

Anggur Hitam  | TaniHub

source gambar : tanihub.com

Seperti yang kita ketahui bersama, anggur merupakan salah satu jenis buah yang bervariasi dalam segi warna. Ada anggur yang warnanya hijau, hitam, serta merah keunguan. Buah yang satu ini memiliki rasa yang sedikit masam. Meskipun demikian, anggur tetap memberikan rasa manis sehingga tidak heran apabila banyak orang yang gemar mengonsumsi anggur. Di samping itu, anggur pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apalagi, sekarang ini anggur bisa kita dapatkan secara praktis melalui e-commerce buah dan sayur terbaik di Indonesia, yaitu TaniHub. Nah, sebelum membeli anggur, ada baiknya kita juga mengenal 7 manfaat konsumsi anggur berikut ini!

  1. Mengurangi resiko terkena kanker

Seperti yang kita ketahui bersama, kanker menjadi salah satu penyebab kemunculan kematian paling banyak yang ada di dunia. Maka dari itu, penerapan gaya hidup sehat berperan penting untuk mengurangi risiko terkena kanker. Nah, salah satu cara yang bisa kita lakukan ialah melalui konsumsi anggur yang mengandung resveratrol untuk mencegah pertumbuhan pada sel kanker.

  1. Menangkal penuaan dini

Di samping memiliki kandungan resveratrol, anggur pun kaya akan zat antioksidan lainnya, misalnya saja seperti rutin maupun quercetin. Dengan adanya tiga jenis antioksidan ini, maka anggur memiliki peran penting untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyerang tubuh kita. Apalagi, radikal bebas sendiri dapat membuat risiko terjadinya kerusakan pada sel, DNA, serta protein di dalam tubuh.

  1. Memelihara kesehatan otak

Ternyata, konsumsi anggur juga bisa membuat daya ingat dan suasana hati kita juga meningkat. Apalagi, anggur tersebut kita konsumsi secara rutin. Tentu, kemampuan daya ingat kita akan lebih baik. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan resveratrol yang akan membuat peredaran darah keĀ  otak semakin lancar. Dan seperti yang kita tahu, otak akan membutuhkan darah yang akan berperan sebagai sumber oksigen.

  1. Mengurangi gejala pada saat mengalami peradangan dan alergi

Saat kita mengalami peradangan dalam tubuh, anggur bisa kita andalkan karena buah yang satu ini pun memiliki kandungan antiradang dan antihistamin. Sementara itu, peradangan sendiri dapat kita alami sebagai salah satu bentuk respon tubuh kita saat kita sedang mengalami bahaya, mulai dari stress, infeksi virus, bahan kimia beracun, maupun infeksi bakteri.

  1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Anggur yang warnanya merah mengandung manfaat untuk tubuh kita agar tubuh kita dapat menurunkan kadar kolesterol jahat maupun trigliserida yang tinggi. Soalnya, konsumsi anggur secara rutin akan membuat LDL menurun. Di samping itu, hal ini juga disebabkan oleh adanya kandungan resveratrol maupun saponin yang terdapat pada anggur.

  1. Meningkatkan kesehatan mata

Selama ini, mungkin kita berpikir bahwa anggur berperan penting sebagai buah yang akan menjaga imunitas tubuh kita. Nah, selain membuat tubuh tetap fit, anggur pun ternyata termasuk sebagai salah satu buah yang direkomendasikan untuk memelihara kesehatan mata. Soalnya, anggur memiliki kandungan zeaxanthin maupun lutein. Kedua kandungan ini merupakan karotenoid yang memiliki sifat antioksidan dan sangat berkhasiat untuk memelihara kesehatan mata.

  1. Mengurangi berat badan

Apabila kita saat ini sedang berusaha supaya berat badan kita kembali ideal, jangan ragu untuk mengonsumsi anggur sebagai camilan kita. Soalnya, buah ini bukan hanya memiliki nutrisi yang banyak, melainkan juga rendah kalori. Apalagi, anggur pun memiliki antioksidan yang tinggi dan efektif untuk melawan radikal bebas.