Belajar Bahasa Inggris: Mengenal Grammar untuk Tes Bahasa Inggris

Rekomendasi Snack Sehat Teman Belajarmu

Ketika tes Bahasa inggris online, hal yang pasti akan Anda temui adalah grammar. Baik itu di mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SD hingga SMA pasti grammar akan terus diulang untuk dipelajari. Biasanya grammar juga menjadi hal yang paling susah dihadapi saat ujian.

Bagaimana tidak? Terdapat berbagai rumus serta istilah yang harus Anda perhatikan. Tujuannya untuk merangkai kalimat menggunakan tata bahasa yang benar. Namun, jangan khawatir sebab artikel ini akan membahas definisi grammar beserta istilahnya yang perlu Anda ketahui ketika belajar Bahasa Inggris.

  • Definisi Grammar

Grammar adalah struktur yang menyusun sebuah kalimat. Dengan menggunakan struktur tersebut secara benar, sebuah kalimat akan jadi sempurna. Struktur ini juga digunakan dalam segala bahasa, tak hanya dalam bahasa Inggris saja. Dalam Bahasa Indonesia, Anda lebih mengenalnya dengan istilah SPOK yakni Subjek, Predikat, Objek, serta Keterangan.

Grammar juga adalah bagian dari bahasa yang setiap native speaker pelajari sejak mereka bayi. Kenapa demikian? Sebab meskipun ketika masih kecil bayi belum dapat mengerti apa itu grammar, seiring berjalannya waktu secara alami mereka dapat membedakan arti.

Hal ini disebabkan sering kali mereka mendengar orang berbicara di sekitar mereka. Kemudian saat beranjak dewasa mereka jadi mengerti bagaimana cara menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sempurna.

Nah, bagi kita yang tak menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pertama, wajar saja bila menguasai grammar terbilang amat sulit. Nah, agar lebih paham, berikut ini adalah istilah-istilah yang digunakan dalam grammar Bahasa Inggris.

  • Part of Speech

Di dalam struktur Bahasa Inggris ada beberapa jenis kata yang dapat digunakan untuk merangkai suatu kalimat yang sempurna. Nah, rangkaian ini disebut Part of Speech. Sebenarnya terdapat delapan kategori dari part of speech.

Namun, tiga di antaranya adalah yang biasanya diperhatikan. Tiga kategori tersebut adalah kata benda (noun), kata sifat (adjective), serta kata kerja (verb). Pasti Anda sudah pernah mendengarnya, bukan?

  • Kategori Part of Speech

Kategori yang pertama adalah Kata Benda atau Noun. Biasanya kata benda digunakan untuk menjelaskan nama orang, nama tempat, maupun suatu benda.

Selanjutnya ada Kata Sifat atau Adjective. Adjective digunakan untuk memperjelas kata benda. Misalnya, menambahkan informasi terkait nama orang maupun benda. Contohnya menjelaskan tentang warna, tekstur maupun perasaan.

Terakhir, ada Kata Kerja atau Verb. Kata kerja biasa digunakan untuk menyatakan tindakan. Contohnya, makan, berlari, berbicara, atau membaca.

  • Verb Forms

Kata kerja dalam bahasa Inggris terdapat beberapa bentuk. Misalnya, kata kerja give bisa berubah bentuk menjadi giving, gave, given, gives. Satu kata kerja dapat disusun menjadi 4 bentuk yang berbeda.

  • Bentuk Dasar Verb Form

Bentuk dasar dari kata kerja yang perlu untuk Anda pahami ada tiga. Di antaranya, base form, past simple, serta past participle. Berikut adalah penjelasannya.

Pertama, Base Form yang merupakan kata kerja bentuk dasar. Dikenal juga sebagai kata kerja pertama. Misalnya, sing, swim, eat, have, play, do. Umumnya, kata kerja dasar diletakkan mengikuti kata “to”.

Kedua, ada Past Simple. Past Simple merupakan kata kerja bentuk kedua. Contoh: sang, swam, ate, had, played, did. Contoh kalimatnya: “She ate an ice cream yesterday”.

Ketiga, ada Past Participle. Jenis yang terakhir ini merupakan kata kerja bentuk ketiga. Umumnya, kata kerja ini dipakai untuk tense dengan tingkat yang lebih rumit. Misalnya, present perfect. Contoh kalimatnya: “I have never been to Paris”. Kata been dalam kalimat tersebut merupakan kata kerja bentuk ketiga dari kata “be”.

  • To Be

Dalam belajar Bahasa Inggris, Anda juga perlu memahami penggunaan “to be”. Bentuk kata kerja satu ini pasti sering Anda dengar. Umumnya, kata kerja ini digunakan untuk menjelaskan suatu kondisi. Misalnya, is, am, are.

Contoh kalimatnya: “she is happy.”, “I am here”, dan “we are engineers”. Namun, To be tidak dapat digabungkan dengan kata kerja bentuk dasar. Misalnya, read yang jika digabung akan menjadi “we are read”. Karena penggunaan yang tepat mestinya “we are reading”.

Nah, itu tadi beberapa hal dari grammar yang perlu Anda pahami ketika belajar Bahasa Inggris. Semoga dapat membantu, ya.