Lagu ‘Ya Sudahlah’ Bondan Prakoso & Fade 2 Black 

Kunci Gitar Ya Sudahlah - Bondan Prakoso & Fade 2 Black, Lengkap!

Seperti yang diketahui bahwa lagu berjudul Ya Sudahlah yang dirilis pada tahun 2010 ini pernah memuncaki sejumlah anak tangga lagi Indonesia terpavorit waktu itu seperti Dahsyat, Derings, dan MTV Ampuh. 

Memang single Bondan Prakoso feat Fade 2 Black yang berjudul Ya Sudahlah ini banyak disukai banyak orang di tahun rilisnya. Bahkan bisa dibilang sebagai lagu melo Indonesia terbaik. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya permintaan lagu tersebut untuk diputar di radio-radio dan bahkan dijadikan jingle di salah satu iklan. 

Saking populernya banyak orang yang membawakan lagu ini di berbagai acara, baik untuk acara pertunjukkan musik, di cafe, ngamen, atau sekedar iseng-iseng saja sambil nongkrong bersama teman-teman. 

Nah, bagi anda yang ingin membawakan lagu Ya Sudahlah dengan menggunakan instrumen gitar. Anda bisa melihat kunci gitar Ya Sudahlah yang sudah tersedia dan lagu lainnya seperti chord yang terdalam

Makna Dari Lagu Ya Sudahlah

Makna dari lagu Ya Sudahlah yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso feat Fade2Black ini memiliki arti yang saling berkaitan dan mengandung pesan persahabatan. Persahabatan yang terjalin dalam lirik  lagu ini terjalin sangat kuat, karena di dalamnya terdapat rasa kasih sayang, kesetiaan dan pengorbanan yang ditunjukkan seorang sahabat kepada sahabatnya. 

Selain itu, lagu ini juga mengajarkan kita untuk selalu memegang cita-cita, mimpi, dan harapan, serta selalu berusaha untuk memperoleh semua itu. Lalu ini juga mengajarkan kita untuk tidak mudah putus asa dan mudah menyerah. Saat kondisi kita sedang terpuruk jatuh, maka kita harus coba bangkit dan menyusun kekuatan untuk bangkit dan memulai lagi untuk menggapai semua cita-cita. 

Selain itu, dalam lagu ini juga mengajarkan kepada kita, bahwa saat kita terpuruk dan benar-benar sedang berada dibawah, maka Tuhan akan selalu menolong melalui orang-orang baik yang selalu setia menemami dan mensupport kita, yakni seorang sahabat.

Fakta Menarik Lagu Ya Sudahlah

Perlu diketahui bahwa lagu Ya Sudahlah ini dibuat dari curhatan pribadi Bondan Prakoso.

“Bisa dibilang curhatan pribadi. ya Sudahlah itu termasuk tema yang sering kali dirasakan dan dialamin, dan kata kata ‘ya sudahlah’ itu biasa banget keluar dari mulut kita jika kita tidak mendapatkan sesuatu baik uang atau yang lainnya, “ ujar Bondan Prakoso. 

Menurut Bondan, kata ‘ya sudahlah ini’ bukan berarti pasrah begitu saja, justru bermakna positif.

“Ya Sudahlah yang kita ambil buat judul adalahs sesuatu yang positif. Ya Sudahlah, tapi bukan berarti pesimis tapi malah yang optimis, ke depannya seperti apa, kata Bondan. 

Selain sebagai curhatannya sendiri dalam lirik lagu, Bondan juga berpendapat bahwa orang lain pun sama sering merasakan hal sama. Lalu Bondan berkolaborasi dengan Fade 2 Black untuk membawakan lagu ini se-real mungkin. “Karena kebanyakan apa yang kita tulis itu adalah apa yang telah kita alami dan apa yang akan kita alami atau rencanakan,” tambah Bondan. 

“Semua orang kan punya mimpi. Namun kalau sudah tidak bisa terwujud, ya sudahlah. Kalau dibilang itu dikarenakan mimpi gue yang tidak bisa terwujud ya nggak juga sih. Lagu ini bisa mewakili semua orang,” sambung pria kelahiran 8 Mei 1984 ini. 

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar lagu Ya Sudahlah yang dinyanyikan oleh Bondan Prakoso feat Fade2Black. Semoga ada guna dan manfaatnya khsususnya bagi anda fans berat Bondan Prakoso.