Fakta-fakta Unik Tentang Nasi Padang Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

5 Kuliner Sumatera Barat Selain Nasi Padang yang Terkenal Enak 

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing dengan nasi padang. Hampir tidak ada orang yang menyukai nasi padang karena memang rasanya yang sangat enak. Nasi padang ini sebenarnya adalah nasi yang dipadukan dengan lauk pauk khas padang, lauk pauknya ini bisa kita pilih sendiri dimulai dari rendang, dendeng, ayam pop, ayam bakar padang, bandeng balado, sayur kikil, sayur nangka dan masih banyak lagi. Dari rendang  hingga dendeng , makanan Padang digandrungi oleh banyak orang, dan memang nasi padang ini  menjadi salah satu kuliner lokal Indonesia yang terpopuler, tidak hanya populer di negara sendiri tetapi nasi padang juga populer di mancanegara loh. Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik tentang makanan Padang yang mungkin sudah atau belum kalian ketahui. Langsung saja yuk simak artikel kali ini!

Kalian pasti pernah dengar dong bahwa makanan padang lebih berharga saat dibawa pulang kerumah dibandingkan memakan ditempat secara langsung? Jika kaian adalah salah satu dari pemakan makanan Padang yang biasa dan senang membawanya pergi untuk dinikmati di rumah daripada makan di tempat, perilaku tersebut mungkin merupakan pilihan yang tepat, karena biasanya restoran akan menyajikan porsi yang jauh lebih besar, terutama untuk nasi jika kalian membungkusnya.  Sejarah ini berawal dari era kolonialisme Belanda di Indonesia. Ini mungkin sulit dipercaya, tetapi makan makanan Padang di restoran dulu lebih menantang daripada sekarang, karena hanya orang Belanda dan orang kaya yang diizinkan untuk menikmati makanannya sambil duduk. Sebagian besar pemilik restoran Padang ingin bersikap baik kepada penduduk setempat dan oleh karena itu para pemilik tempat makan padang memberikan mereka porsi yang lebih besar untuk dibawa pulang. Teori lain terkait membungkus masakan padang disbanding memakan di tempat adalah penambahan porsi nasi merupakan bentuk reward dari pemilik resto Padang karena take away customer tidak membuat piringnya kotor. Sesederhana itu.

Makan dengan tangan adalah kebiasaan yang terkenal di Indonesia dan ini terutama berlaku untuk makanan Padang. Dengan memakannya dengan tangan kalian, kalian bisa mendapatkan aroma kuat dari bumbu khas masakan yang menempel di tangan kaian  yang akan memberi kalian perasaan bahagia. Sehingga makan nasi padang dengan menggunakan tangan akan lebih nikmat dibandingkan dengan menggunakan sendok. Sebagian besar restoran Padang akan menyajikan banyak hidangan langsung di meja kalian. terutama jika kalian datang dengan rombongan tiga orang atau lebih. Segera setelah kalian memasuki tempat itu, duduklah dan mulailah mengobrol dengan teman-teman kalian, makanan akan disajikan di meja kalian beberapa saat kemudian.  Bagaimana para pelayan melakukan ini? Jika kalian perhatikan, kalian akan melihat bahwa pelayan restoran Padang memiliki keahlian yang luar biasa dalam membawa lebih dari lima piring sekaligus. Ini mungkin adalah bakat alami yang dimiliki oleh orang Sumatera karena tari piring berasal dari budaya Minangkabau.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa ada rumor tidak adanya restaurant padang di padang. Rumor ini sudah beredar sejak lama. Karena restoran Padang berasal dari Padang, masuk akal jika tempat-tempat yang menyajikan  rendang tidak menyebut diri mereka sebagai rumah makan Padang  seperti halnya di seluruh wilayah Indonesia lainnya.  Meski demikian, mengunjungi tempat makan di Padang yang menyajikan menu masakan padang tetap menjadi rekomendasi jika kalian berkunjung ke kota tersebut.

Mendengar hal-hal unik dari nasi padang ini jelas membuat kita tergiur bukan, untuk kalian yang ingin langsung menyantap nasi padang langsung saja ke tempat makan nasi padang terdekat dirumah atau tempat kerja kalian dan membungkus satu porsi nasi padang!