Ketahui Penyebab Muntah Pada Bayi Ini!


Muntah sebenarnya pertanda baik. Bukti bahwa fungsi organ tubuh berjalan baik. Baik dengan tujuan mengeluarkan zat beracun yang tidak dibutuhkan atau memberikan tanda bahwa dalam tubuh terdapat infeksi.

Namun, kenali dulu penyebab muntah pada bayi sebelum Anda memutuskan untuk memberi obat mual muntah yang aman untuk bayi. Ini dia penyebabnya!

  1. Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan penyakit infeksi yang menyerang lambung dan usus karena virus dan atau bakteri. Penyakit ini mempunyai gejala mual dan muntah, kram perut, dan demam.

Anda harus diwaspadai jika bayi mual dan muntah karena sebab ini.

2. Alergi Makanan

Beberapa anak usia bayi sudah menunjukkan bahwa dirinya alergi terhadap makanan tertentu. Bahkan, beberapa bayi intoleransi terhadap susu sapi dan kambing.

Ketika bayi muntah, perhatikan makanan yang baru saja dikonsumsinya.

3. GERD

GERD atau gangguan asam lambung ternyata bisa dialami juga oleh bayi. Sering mual dan  muntah saat konsumsi makanan atau susu menjadi salah satu gejalanya.

Meski bayi muntah setelah minum susu merupakan hal biasa, jika muntah diiringi sikap rewel dan tidak ada pertumbuhan berat badan maka ada kemungkinan asam lambungnya terganggu.

4. Lubang Puting Terlalu Besar

Bayi Anda muntah saat minum susu dari botol susu? Periksalah bagian puting atau dot bayi. Jika lubangnya terlalu besar ada kemungkinan ini penyebabnya. Bayi muntah karena tidak dapat menerima volume susu yang masuk dan terlalu banyak.

5 . Menelan Sesuatu yang Beracun

Bayi yang sudah mulai merangkak dan menjelajah rumah mungkin menelan sesuatu yang beracun secara tidak sengaja. Ini akan menyebabkan dia muntah.

6. Congenital Pyloric Stenosis

Kondisi saluran pencernaan menyempit saat di lambung dan usus yang telah dibawa sejak lahir.

7. Hernia Terjepit

Hernia sebenarnya masuknya usus melewati dinding ke saluran kelamin. Saat hernia terjepit bayi akan merasa sakit dan sering muntah. Biasanya di bagian atas kelamin akan terasa keras.

8. Intussusception

Usus masuk ke dalam dirinya sendiri. Meski jarang terjadi, masalah ini mengakibatkan muntah disertai wajah pucat, mengantuk, dan dehidrasi.

Beberapa penyebab di atas akan Anda temui penjelasannya secara lebih lengkap di blog kesehatan guesehat.com.

Namun, mungkin beberapa penyebab tidak dapat diketahui orang secara umum. Oleh karena itu, Anda harus segera membawa bayi ke dokter jika:

  • Bayi muntah setiap kali dimasukkan cairan ke dalam tubuhnya atau minum.
  • Muntah menyebabkan gejala dehidrasi, seperti mulut kering dan jarang buang air kecil.
  • Muntah yang dikeluarkan bayi berwarna hijau atau berwarna merah pertanda mengandung darah.
  • Bayi muntah sudah lebih dari 2 hari.

Itulah sedikit uraian tentang penyebab muntah pada bayi. Semoga bermanfaat!