Asuransi dan Reksa Dana: Duo Andalan Proteksi dan Investasi

Inilah Alasan Kenapa Mempersiapkan Masa Pensiun Saat Usia 20-an adalah Ide Bagus

Asuransi kesehatan penting karena tingginya biaya berobat saat ini. sementara itu, kebutuhan akan kesehatan meningkat setiap tahunnya. Meskipun ada BPJS kesehatan, namun karena berbagai alasan, asuransi kesehatan menjadi salah satu hal yang diperlukan.

Alasan utama mengapa asuransi kesehatan dibutuhkan disamping BJPS kesehatan adalah coverage, klaim dan pelayanan. Oleh karena itu, Anda perlu memilih asuransi kesehatan yang bagus dan tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tak hanya itu, guna melengkapi investasi Anda, sangat baik jika Anda juga berinvestasi reksadana. Namun, memilih produk reksadana yang sesuai dengan Anda adalah hal yang gampang-gampang susah. Saat ini di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 200 produk reksadana, dan bagi sebagian orang awam memilih reksa dana adalah hal yang cukup membingungkan.

Tips Memilih Reksa Dana

Berikut ini adalah beberapa cara memilih reksadana dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Identifikasi Kebutuhan Investasi

Berinvestasi tanpa tujuan adalah suatu hal yang kurang bijaksana, karena investasi adalah suatu alat atau cara bagi Anda untuk mendapatkan sesuatu. Orang memilih berinvestasi dengan tujuan yang bermacan-macam, diantaranya untuk persiapan dana hari tua, persiapan pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya.

Setidakya Anda harus memiliki motivasi yang kuat sebelum Anda melakukan investasi. Hal yang perlu diingat adalah Anda harus memulai investasi dengan sebuah tujuan.

  • Identifikasi Profil Risiko

Tahap selanjutnya adalah menyesuaikan alat investasi dengan profil risiko. Mengidentifikasi profil risiko bertujuan untuk mengetahui kondisi Anda saat ini. Profil risiko seseorang dapat berubah atau dapat ditingkatkan. Caranya adalah dengan meningkatkan pendidikan mengenai investasi atau pendidikan keuangan.

  • Mulai Berburu Reksadana

Berburu reksadana adalah hal yang paling ditungu-tunggu. Anda dapat melihat produk-produk reksadana di koran-koran investasi atau mengecek di website penyedia  informasi reksadana. Dikarenakan Anda mencari asuransi kesehatan yang bagus, maka Anda juga harus memilih produk asuransi kesehatan reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Bedah Reksadana

Pada saat screening reksadana, Anda dapat melihatnya dengan cara download prospektus atau meminta ke agen penjual. Bagi Anda yang tidak mau repot, Anda dapat melihat summary dari sebuah produk reksadana. Perusahaan manajer investasi biasanya sudah menyiapkan fund fact sheet yang menjelaskan tentang produk reksadana dan kinerjanya.

  • Pelajari Harga Reksadana

Dalam sebuah fund fact sheet, juga tersedia biaya-biaya yang harus Anda bayarkan. Misalnya, dalam fund fact sheet, terdapat penjelasan mengenai biaya per unit NAV, minimun untuk investasi,bank kustodian, dan lain sebagainya.

Uuntuk mengikuti asuransi maupun reksadana, kini amat gampang. Bisa install aplikasi tanamduit di HP Anda. Jadi mudah untuk melakukan proteksi sekaligus berinvestasi.