Percepat Penyembuhan Luka Operasi dengan menghindari Infeksi

Luka Lama Sembuh? Cari Tahu Penyebab dan Mengatasinya!

Pasca operasi, Anda tentu tidak sabar untuk bisa beraktivitas seperti normal kembali. Namun, sabar dulu, pasca operasi diperlukan proses pemulihan terlebih dahulu agar tubuh bisa siap untuk kembali beraktivitas secara normal. Salah satunya yakni proses pemulihan pada luka bekas operasi.

Luka bekas operasi perlu mendapatkan penanganan yang serius agar dapat sembuh secara total. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa menggunakan Obat untuk mempercepat penyembuhan luka agar lebih cepat kering. Akan tetapi, cara itu saja tidak cukup, karena Anda juga perlu mengetahui berbagai langkah pencegahan infeksi pada luka bekas operasi. Untuk itulah, hal-hal berikut ini penting untuk disimak agar pencegahan bisa berjalan secara optimal.

Waspada jika kulit sekitar operasi jadi kemerahan dan sakit

Peradangan pada area luka merupakan hal yang biasa terjadi dan umum dirasakan oleh para pasien pasca operasi. Tapi, peradangan pada infeksi tidaklah sama dengan peradangan yang dirasakan oleh pasien pada umumnya. Sebab, pasien luka bekas operasi yang mengalami infeksi cenderung merasakan peradangan dengan kondisi kulit kemerahan serta merasakan sakit yang lebih dahsyat.

Apabila Anda merasakan kulit jadi kemerahan pasca menjalani operasi, maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut. Sebab, ciri-ciri infeksi adalah kulit sekitar luka yang menjadi kemerahan dan peradangan yang lebih sakit. Jadi, apabila hal tersebut terjadi segeralah berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan sentuh area tubuh yang dioperasi

Setelah operasi, luka bekas operasi tentu akan mengganjal Anda dan merasa tidak nyaman. Luka bekas operasi merupakan hal yang sangat mengganjal dalam proses pemulihan pasca operasi. Pada kondisi tersebut, luka operasi perlu dijaga betul agar tidak mengalami infeksi. Salah satunya yakni dengan melindungi area tubuh yang telah dioperasi.

Untuk melindungi area tubuh yang dioperasi, maka sebaiknya janganlah menyentuh area tubuh tersebut. Sebab, menyentuh area luka bekas operasi bisa menyebabkan perpindahan bakteri atau kuman dari tangan ke luka. Setelah bakteri masuk ke luka, hal tersebut bisa berpotensi menjadikan luka mengalami infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sentuh area tubuh yang akan dioperasi setelah atau sebelum operasi untuk meminimalisir terjadinya infeksi.

Selain mengetahui langkah pencegahan infeksi agar tidak terjadi pada luka bekas operasi, penting juga untuk rutin membaca info kesehatan terupdate dan terpercaya. Info kesehatan dari guesehat bisa menjadi pilihan terbaik karena terpercaya dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.