Jenis Botol Susu Bayi

Inilah 6 Cara Mudah Agar Bayi Mau Minum Susu dari Botol

Menginjak usia beberapa bulan ibu mungkin merasa ada beberapa perbedaan pada payudaranya. Ada sebagian yang merasa kadar asi nya sudah mulai berkurang, atau ada juga yang malah habis sama sekali. Tiap-tiap ibu berbeda untuk kandungan asi yang ada di payudaranya. Hal ini terjadi dari banyak hal, mulai dari pemilihan makanan, hormone, dan juga kesehatan payudara ibu. Bila ibu adalah salah satu yang mulai mengalami masalah diatas terkait sudah berkurangnya asi, maka pilihan kedua adalah memberikan susu bantu formula kepada bayi. Dalam memberikan susu formula pastilah ibu akan memilih tempat susu yang pas untuk si kecil. Pas dalam artian ergonomis dan juga memiliki bentuk seperti payudara ibu, sehingga si bayi akan merasa sama seperti sedang menyusu di ibunya.

Dalam pemilihan jenis botol susu bayi yang perlu diperhatikan saat pertama kali memilih, apa saja yang perlu diperhatikan, yuk kita lihat sama-sama ulasannya.

  1. Perhatikan Bentuk Dot

Bagian awal dari sebuah botol yang perlu dilihat adalah bagian ujungnya, atau sering disebut sebagai dot. Dot ini sangat mempengaruhi kesan bayi saat pertama kali menggunakannya. Ada bayi yang sangat suka dengan model dot yang menyerupai putting ibu, sehingga berasa dia sedang menyusu langsung kepada sang ibu. Atau ada juga beberapa bayi yang suka dot model memanjang, karena enak saat masuk ke mulut bayi. Sebelum ibu memutuskan membeli banyak dot, ada baiknya mencoba beberapa macam bentuk sehingga sang bayi juga bisa memilih mana dot yang paling sesuai dengannya.

Untuk dot pipih juga sebagian bayi merasa nyaman, terlebih lagi bagi bayi yang suka memainkan dot dengan gusinya yang mungil. Dot dengan pola yang pas juga akan merangsang si bayi untuk memainkannya, tujuannya adalah merangsang juga pertumbuhan gigi bayi secara dini.

  • Perhatikan Bentuk Botol Bayi

Untuk usia dini mungkin sang bayi masih belum kuat untuk memegang botolnya. Maka dari itu peran ibu untuk memegangi botol saat si bayi mulai meminta susu. Pilihan botol untuk kondisi seperti ini adalah botol dengan jenis memanjang. Karena fokusnya adalah sebagai alat genggam sang ibu agar mudah untuk mendeliver susu yang ada pada botol tersebut.

Untuk bayi yang sudah mulai aktif terutama tangannya, ibu mulai bisa untuk memberikan botol susu kecil dan pendek, dengan volume susu yang tidak terlalu banyak. Tujuan botol jenis ini adalah sang bayi bisa langsung memegang botolnya dan bisa mengatur sendiri kapan dia harus minum susu pada botol tersebut dan kapan harus berhenti. Biasaya bayi diatas 5 bulan baru cocok untuk menggunakan botol jenis ini.

  • Perhatikan Jenis Material Dot dan Botol

Ini adalah hal yang sangat krusial bagi ibu, kenapa? Karena disini sangat menentukan sehat tidaknya penggunaan botol tersebut. Dengan adanya pemilihan yang tepat dan bijak, ibu juga bisa memastikan bahwa botol yang digunakan untuk bayi sudah aman dan memenuhi standart. Untuk jenis botol bayi, jangan tergiur dengan harga yang murah saja, tetapi perlu dipastikan adalah bahan dari botol itu sendiri. Pastikan botol sudah sertivikasi food grade dan juga anti panas. Tujuan dari adanya food grade dan anti panas ini adalah meminimalisir kandungan karsinogen yang ada pada botol saat botol berada dalam posisi panas.