Tari Jager, Tarian Khas Bali Yang Tidak Kalah Indah Dari Tari Kecak!

Bali tidak hanya dikenal dengan keindahan alamnya seperti pantai, danau, pegunungan maupun persawahannya saja. Bali juga dikenal sebagai tempat wisata yang sangat menjunjung tinggi tradisi, kebudayaan bahkan ritual keagamaan. Hal ini membuat wisatawan yang datang berlibur ke sini pun seakan mendapatkan paket wisata Bali yang lengkap. Selain seni ukirnya, salah satu kesenian dari Pulau Dewata yang juga mengagumkan wisatawan adalah seni tari. Tarian khas Bali ini bahkan sudah sangat terkenal hingga luar negeri. Banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk belajar tarian khas Bali ini. Tari khas Bali yang terkenal ini adalah tari kecak, tari barong dan tari janger. Jika pada tari kecak dan tari barong dilakukan oleh laki – laki, maka tari janger ini dibawakan oleh perempuan. Meski begitu, Tari Janger ini tidak kalah indah dibandingkan dengan dua tari khas Bali lainnya.

(Sumber Foto: https://v-images2.antarafoto.com/tari-janger-kreasi-oo59qg-prv.jpg)

Tari Janger ini meski dibawakan oleh perempuan, seiring berjalannya waktu, kreasi dari tari ini pun juga memasukkan laki – laki sebagai bagian dari pertunjukkan. Satu kelompok pementasan Tari Janger berisi 10 – 16 orang. Tari Janger merupakan kesenian tradisional yang awalnya dibawakan oleh para petani sebagai bentuk syukur terhadap hasil panen. Masyarakat Bali sangat menjaga tradisi dan kebudayaannya sehingga mulai dari anak – anak hingga dewasa banyak yang bisa melakukan gerakan tari ini. Gerakan Tari Janger ini cukup sederhana namun penuh dengan semangat. Latar belakang music yang mengiringi kesenian rakyat ini adalah Tetamburan atau Gamelan Betel dan Gender Wayang. Tema nyanyian yang dibawakan berkisar tentang pergaulan anak remaja, seperti menanyakan identitas, cara berkenalan, kisah asmara dan rayuan. Lagu – lagu tersebut bersifat gembira dan keceriaan, dibawakan oleh penari dengan ekspresi penuh keriangan sehingga sangat menggibut dan terlihat menyenangkan. 

(Sumber Foto: http://1.bp.blogspot.com/-5j6dd4r32NI/Vfew3sP8J-I/AAAAAAAAAm4/O3uEtZltstw/s1600/tari%2BJanger%2Bbali.jpg)

Semakin bekembangnya waktu, Tari Janger ini tidak hanya dilakukan untuk menyambut hasil panen saja. Saat ini Tari Janger bahkan sering digunakan juga untuk menyambut kedatangan tamu – tamu penting atau upacara keagamaan. Paket wisata Bali tidak aka nada habisnya untuk memanjakan wisatawan. Bali dengan sejuta pesonanya akan selalu membuat siapa pun kagum dan selalu kembali ke Pulau Dewata ini.

Jadi, jangan pernah bosan untuk berlibur ke Bali, ya! Setiap sudut dari kota ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan semangat untuk menjelajahinya. Kalian bisa memesan paket wisata Bali ini di Mister Aladin, loh! Mister Aladin akan memberikan penawaran menarik tentang paket wisata Bali. Liburan akan menjadi lebih menyenangkan dan kalian pun dapat menghemat biaya liburan karena Mister Aladin pastinya akan memberikan promo yang begitu menguntungkan untuk wisatawan. Mister Aladin, teman travel terbaikmu.