Hadir Dengan Tema yang Unik, ARTJOG MMXIX Mengguncang Jogja

(Sumber Foto : https://cdn.brilio.net/news/2019/07/29/168054/1073106-1000xauto-spot-foto-ini-bikin-kamu-harus-datang-ke-artjog.jpg)

ARTJOG MMXIX hadir kembali! Festival seni yang sudah hadir sejak 2008 ini hadir dengan mengusung tema yang lebih menarik. Festival yang dulunya merupakan bagian dari Yogyakarta Art Festival, kini sudah berdiri sendiri. ARTJOG MMXIX ini diadakan di Jogja National Museum. Museum ini dulunya adalah Kampus Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI). Bangunan yang memiliki luas 1,4 hektar berada di Jalan Prof. Ki Amri Yahya Nomor 1, Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta.

Kehadiran dari ARTJOG MMXIX sendiri menambah minat wisatawan untuk berkunjung ke Jogja. Berbagai agen travel yang menyediakan paket tour Jogja memasukkan ARTJOG MMXIX ini sebagai salah satu destinasi wisata. Paket tour Jogja yang biasanya menawarkan wisata ke Keraton, Taman Sari, Alun – Alun Kidul sampai Ulun Sentalu saat ini menambahkan ARTJOG MMXIX pada paket tour Jogja yang ditawarkan pada bulan Juli – Agustus. Hal ini dikarenakan festival seni ini hanya berlangsung selama 30 hari sejak 25 Juli sampai dengan 25 Agustus 2019. Tema unik yang diusung membuat wisatawan tertarik untuk datang ke ARTJOG MMXIX setiap tahunnya. Tahun ini ARTJOG MMXIX mengusung tema Arts in Common. Tema ini dibuat untuk menawarkan pemahaman tentang apa yang ditampilkam di ARTJOG MMXIX dalam tiga tahun ke depan. Tema ini ingin menunjukkan bahwa Artjog merupakan festival seni bukan hanya sebuah pameran seni. Kehadiran dari tema yang diusung oleh ARTJOG MMXIX juga sebagai upaya menjadikan perhelatan itu semakin ramah dan membumi untuk segenap kalangan pengunjung.

ARTJOG tahun ini menghadirkan hasil karya dari 39 seniman yang ada di Indonesia. Dalam ARTJOG MMXIX ini pun sama seperti pada tahun sebelumnya dengan menghadirkan tiga agenda besar pada event ini. Agenda – agenda tersebut yaitu pertama, program pameran utama yang mencakup program Educational Artjog yang akan diadakan setiap hari. Selain pemeran utama ada juga tur kuratorial yang diadakan 16 kali setiap selasa dan jumat sore di pukul 15.00 WIB serta meet the artist diadakan sebanyak 4 sesi setiap Rabu sore. Kedua, daily performance yang ada dilakukan di panggung belakang ARTJOG. Akan ada total 88 seniman yang akan tampil unjuk keahlian. Ketiga, merchandise project, sebuah program untuk seniman yang tidak hanya membuat karya seni dengan daily use tetapi juga memasarkannya. Dalam program ini, pengunjung dapat mengikuti sharing session yang diadakan. Total terdapat 54 seniman yang akan ikut dalam agenda ini. Di ARTJOG terdapat banyak spot foto yang instgramable sehingga akan menambah stok foto kece kalian.

Karya dari sutradara ternama, Riri Riza yang ada di ARTJOG MMXIX. (Sumber Foto : https://cdn.brilio.net/news/2019/07/29/168054/1073104-1000xauto-spot-foto-ini-bikin-kamu-harus-datang-ke-artjog.jpg)

Salah satu spot foto instagramable di ARTJOG MMXIX. (Sumber Foto : https://cdn.brilio.net/news/2019/07/29/168054/15-spot-foto-instagramable-di-artjog-2019-ini-sayang-dilewatkan-190729z.jpg)

Harga tiket untuk menikmati festival ini adalah sebesar Rp 50.000 untuk orang dewasa dan Rp 25.000 untuk anak – anak yang berada di bawah usia 13 tahun. Fasilitas yang ada pada ARTJOG ini cukup lengkap mulai dari fasilitas umum ruang galeri, kantor, internet, taman, ruang workshop, sampai music shop. Jadi jangan lewatkan paket tour Jogja yang menawarkan ARTJOG MMXIX sebagai destinasi wisata.