Inilah Pentingnya Zat Besi untuk Tubuh Manusia

Dari berbagai jenis zat gizi yang dibutuhkan manusia, kebutuhan akan zat besi lebih tinggi dibandingkan mineral lainnya. Hal ini dipengaruhi oleh fungsi zat besi itu sendiri yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Zat besi juga tidak diproduksi dari dalam tubuh sehingga manusia perlu memenuhinya dari makanan atau suplemen untuk mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaat dari zat besi tersebut sehingga kita wajib memenuhinya agar tak terjadi masalah kesehatan? Berikut ini adalah daftar fungsi zat besi yang wajib diketahui:

  • Memproduksi hemoglobin darah.

Pasti Anda sering mendengar jika terjadi anemia atau kurang darah maka yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah mengkonsumsi makanan atau suplemen kaya akan zat besi. Hal ini disebabkan karena zat besi berperan aktif dalam memproduksi hemoglobin. Dengan tercukupinya zat besi, produksi hemoglobin bisa dilakukan dengan lancar dan tubuh tidak akan kekurangan volume darah. Pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia menjadi sebab munculnya suplemen zat besi di pasaran.

Waspada Anemia pada Ibu Hamil - Guesehat
  • Menjaga suhu tubuh.

Zat besi juga berfungsi untuk mengatur suhu tubuh. Jika Anda mengalami demam atau berkeringat tanpa sebab yang jelas, bisa jadi tubuh Anda kekurangan zat besi yang berfungsi untuk mengatur suhu.

  • Menjaga fungsi otak dan otot.

Zat besi memiliki fungsi yang penting dalam menjaga fungsi otot dan otak agar tetap baik. Kekurangan zat besi bisa membuat seluruh otot terasa sakit atau linu. Selain itu jika kadar zat besi berkurang, otak juga lebih mudah linglung atau kurang daya konsentrasi.

  • Mengatur metabolisme tubuh.

Zat besi dibutuhkan untuk memproduksi enzim metabolisme tubuh. jika kadar zat besi dalam darah tidak mencukupi maka produksi enzim juga tidak bisa dilakukan dengan lancar yang akan menjadi penyebab terhambatnya metabolisme tubuh.

  • Membantu perkembangan janin.

Janin sangat membutuhkan zat besi untuk membantunya membentuk jaringan baru. Karena itu saat hamil, ibu harus makan makanan berzat besi tinggi atau menggunakan suplemen zat besi setiap hari untuk menjaga perkembangan janinnya. Sumber makanan dengan kandungan zat besi tinggi bisa Anda pelajari di https://www.guesehat.com/.