Ini Dia Beberapa Cara Alami Yang Ampuh Untuk Mengobati Sakit Gigi

Meski Belum Ada Permen, Ternyata Orang Dulu Juga Mengalami Sakit Gigi

Ada sebuah syair dalam lagu yang mengatakan, “ Lebih baik sakit gigi ini daripada sakit hati “. Ya, sepenggal lagu tersebut merupakan lagu dangdut yang pernah dinyanyikan oleh Alm. Meggy Z. Kedua-duanya memang sama-sama menyakitkan, namun sakit gigi lebih menyakitkan daripada sakit hati. Bagaimana tidak! sakit gigi itu sangat tidak mengenakan, makan tidak bisa, tidur pun tidak bisa. Bahkan sakit gigi bisa disertai gejala lain seperti pusing, demam, dan sebagainya. Hal itu sangat menyiksa kita, untuk itu sebelum parah segera obati. Meski pun sudah mengonsumsi berbagai produk sakit gigi, namun hasilnya boleh dikatakan kurang efektif. Lantas, adakah obat yang ampuh untuk mengatasi masalah sakit gigi? Seperti yang dilansir dari berita seputar informasi kesehatan terbaru, berikut di bawah ini ada beberapa cara alami yang ampuh untuk mengobati sakit gigi :

  1. Menggunakan Cengkeh

Cengkeh dipercaya bisa mengobati sakit gigi, karena di dalam cengkeh mengandung senyawa eugenol yang berfungsi sebagai zat pengurang rasa nyeri. Cara penggunaannya juga sangat mudah, dimana anda hanya cukup mengoleskan saja minyak cengkeh pada area gigi yang sakit dengan menggunakan kapas. Diamkan hingga sakitnya mereda, kemudian berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

  1. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ini juga bisa digunakan sebagai antiradang, dapat membantu menjaga kesehatan mulut termasuk mengatasi masalah sakit gigi. Mengenai caranya, kunyah daun jambu biji yang masih segar atau sebelumnya didihkan daun jambu biji kemudian gunakan airnya sebagai obat kumur. Diamkan hingga sakitnya mereda, lalu muntahkan kembali daunnya.

  1. Bawang Putih

Tak banyak orang yang tahu, bahwa bawang putih sangat efektif dalam mengobati sakit gigi. Berdasarkan dari hasil penelitian, Kandungan senyawa yang terdapat dalam bawang putih, bisa membunuh bakteri penyebab plak gigi sekaligus bisa meredakan nyeri dan ngilu. Caranya, lembutkan bawang putih dan tambahkan sedikit garam sampai menjadi pasta. Lalu tempelkan pasta itu dengan menggunakan kapas di bagian gigi yang sakit atau ngilu.

  1. Menggunakan Air Garam

Tips simple ampuh berikutnya yang ampuh dalam mengobati sakit gigi, yakni dengan menggunakan air garam. Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan garam dapur sebanyak 1 sendok makan, kemudian larutkan kedalam segelas air hangat. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur, dan diamkan hingga sakitnya mereda. Jika sudah demikian, silahkan muntahkan kembali larutannya.

  1. Terapi Dingin

Selain air garam, terapi dingin juga dipercaya cukup ampuh dalam mengobati sakit gigi lho. Cara pengerjaannya juga sangat mudah dilakukan. Siapkan air dingin secukupnya, lalu masukan kedalam botol kaca. Selanjutnya gulirkan botol kaca tersebut kebagian pipi yang giginya terasa sakit. Setelah itu diamkan beberapa saat hingga sakitnya mereda.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencobanya? Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa cara alami yang ampuh dalam mengobati sakit gigi. Dengan keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.