Kenapa Larang Anak yang Gemar Renang di Sungai? Padahal Bagus lho!

Ada banyak kekhawatiran orangtua saat mengetahui si anak gemar berenang di sungai. Alasan paling mendasarinya adalah karena takut si anak hanyut. Alhasil, keinginan anak yang sudah menggebu-gebu mau kumpul bareng teman-teman pun jadi terhalang. Apakah sikap ini sudah tepat kalau diterapkan dalam kehidupan anak-anak?

Berenang di sungai lepas tidak sama dengan berenang di kolam renang. Efek yang ditimbulkan jauh lebih nyata. Soalnya bersentuhan dengan produk alam secara langsung. Ketika si anak gemar renang di sungai, maka saat itu ia tengah belajar tentang kemandirian. Derasnya aliran sungai akan mengajari mereka arti ketegaran.

Lagi pula, berenang di sungai itu seru. Banyak #GreatAdventureAwaits yang bisa dirasakan oleh si kecil. Teman mainnya juga relatif banyak. Hanya saja memang diperlukan langkah preventif agar tidak terjadi hal yang bukan-bukan. Misalnya dengan memberi pengarahan sebelum si kecil berangkat ke sungai.

Apalagi kalau sungai itu baru saja kehujanan. Pasti airnya keruh, besar, dan tidak terkontrol. Masih ngotot juga berenang di sungai? Boleh. Syaratnya, Anda harus mendampinginya. Sementara si anak lebih baik berenang di tepian saja. Kalau perlu ikutlah bersamanya berenang di sungai yang airnya masih segar itu.

Tapi memang sebaiknya sih berenangnya di air sungai yang cukup dangkal. Soalnya si kecil masih perlu banyak belajar caranya berenang dengan baik di sungai. Tetaplah temani si kecil. Bawa dia ke sungai dan ajak berenang sambil berdiri dulu. Kemudian tepuk-tepuklah air. Pasti si kecil akan senang sekali.

Dengan berenang di sungai, manfaatnya juga banyak sekali. Sungai akan mengajarkan bahwa alam itu punya suara yang khas dan tidak dibuat-buat. Dengan begitu, si anak akan semakin peka terhadap kondisi alam. Berbeda dengan saat berenang di kolam renang, meskipun tempatnya cenderung lebih aman karena berada di daratan.

Tapi kebanyakan kalau anak sudah berumur kurang lebih 9 tahun sih sudah bisa dilepas. Di sungai, si kecil bisa berenang dengan ban karet. Bisa pula dengan batang pisang. Setelah sungai, anak-anak biasanya akan main pasir-pasiran. Kotor-kotoran di tepi sungai. Kadang pula mereka mengotori diri mereka sendiri.

Banyak orangtua yang melarang keras anaknya bermain di sungai. Padahal sungai akan memberi petualangan seru buat mereka. Hanya saja, setelah puas berenang dan kotor-kotoran, barulah Anda yang memberi peran aktif. Salah satunya dengan memberinya perlindungan kulit dengan beberapa produk dari Doremi. Khususnya untuk pembersih kulit.

Di Doremi Thomas & Friends, ada banyak produk yang bisa dipakaikan untuk anak-anak. Salah satunya pembersih tubuh bernama Body Wash. Soalnya mengandung protein susu yang bisa bikin kulit si kecil tetap lembut. Dengan adanya aroma buah-buahan seperti raspberry dan blueberry, pasti si kecil akan betah ketika wangi busanya menyelimuti tubuh.

Anak kecil sangat suka dengan Thomas & Friends. Ketika tengah menyabuni si kecil, dia bisa sambil bermain-main dengan botolnya. Dijamin tidak akan bikin mata pedih. Busanya juga berlimpah. Anak-anak sangat suka dengan busa. Coba colek pipinya pakai busa itu. Pasti dia akan tertawa dan membalas colekan Anda.

Anak-anak itu memiliki tempatnya sendiri. Belum saatnya si kecil itu diberi perlakuan sebagaimana yang diterima orang dewasa. Biarkanlah di bermain bersama teman-temannya. Biarkan dia berenang di sungai. Biarkan dia main kotor-kotoran di pasir tepi sungai. Begitu tiba urusan untuk melindungi anak dari penyakit dan bakteri, Anda wajib jadi yang terdepan.

Dengan Shampoo anak dan produk dari Doremi Thomas & Friends, maka petualangan anak di sungai pun lengkap sudah. Ia bisa tetap ceria ketika menghadapi hari-hari setelahnya. Tidak akan ada beban pikiran dan kealamian khas anak-anak akan terjaga. Sungai tidak akan marah ketika lingkungannya diakrabi dan dipelihara dengan sebaik-baiknya.