3 Faktor Penyebab Wanita Tidak Mendapat Haid Atau Haid Tidak Teratur

Haid atau menstruasi merupakan darah yang keluar dari kemaluan wanita atau anak perempuan yang sudah baligh. Baligh dalam arti sudah diharuskan menjalani kewajiban kewajiban yang dianjurkan dalam agamanya dan berdosa jika tidak melakukannya. Darah yang keluar dari kemaluan wanita ini bukan karena sakit atau bukan juga darah yang keluar dari seorang ibu karena melahirkan atau keguguran. Haid ini terjadi pada waktu tertentu, biasanya seorang wanita akan mengalami nya sebulan sekali. Namun kadang seorang wanita dalam sebulan tidak mengalami haid. Wanita yang tidak mendapat haid dalam sebulan atau telat bulan selalu diidentikan dengan wanita hamil. Secara ilmiah wanita hamil tidak mungkin mengalami haid. Namun ada 3 faktor lain yang menyebabkan wanita tidak haid atau tidak teratur yaitu :

  1. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil kb juga bisa menjadi salah satu pemicu tidak haid atau tidak teraturnya siklus haid. Kadang seorang wanita lupa tidak mengkonsumsi pil kb ini beberapa hari sehingga akan menyebabkan gangguan atau hormon menjadi tidak seimbang yang mengakibatkan haid juga menjadi tidak teratur.

  1. Stres

Bila seorang wanita sedang berada dalam tekanan mental seperti stress maka akan mempengaruhi hormon menjadi tidak stabil atau tidak seimbang sehinga berdampak pada siklus haidnya menjadi tidak teratur bahkan sama sekali tidak mendapat haid. Ada beberapa wanita sering mengalami hal ini sampai tidak mendapat haid 2 bulan.

  1. Kelelahan

Kelelahan atau kecapean  juga sebagai penyebab siklus haid menjadi tak menentu atau tak mendapat haid. Hal ini terjadi karena saat tubuh membutuhkan sejumlah energi untuk meneruskan proses haid secara teratur namun ketika kita beraktivitas yang berat maka jumlah energinya habis sehingga haid datang tidak tepat waktu.

Jika seorang wanita haidnya tidak teratur akan sangat berpengaruh kepada fisiknya biasanya kalau saya telat datang bulan ke badan juga tidak enak seperti pegal pegal dan kepala juga pusing.

Sumber : http://www.pancarkanpesonamu.com/