5 Langkah Ajaib sebelum Anda Bangun Rumah Baru Sendiri


Kepemilikan rumah menjadi hal yang wajib ketika seseorang telah beranjak dewasa. Ketika Anda ingin bangun rumah sendiri, tentu memerlukan persiapan yang panjang sebelum bisa mengeksekusi. Kebanyakan mengeluhkan soal biaya material yang semakin mahal. Padahal dengan memiliki rumah pribadi, Anda akan memiliki kebebasan yang absolut.  Apa saja langkah ajaib untuk mengatasinya?

  • Rencanakan Anggaran Dana

Setiap langkah butuh perencanaan agar hasilnya maksimal dan sesuai keinginan. Uang adalah rintangan utama dan mungkin akan menjadi potongan puzzle yang kompleks bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri. Mungkin Anda akan selalu bertanya-tanya setiap saat ketika memikirkan uang. Pertanyaan ini berputar-putar saja pada satu kalimat khusus: “Kenapa harga barang semakin naik, bukannya turun?”

Alasan utama kenapa naik-turunnya harga-harga tak terprediksi bisa memusingkan banyak orang. Tapi, apakah Anda ingin menyikapinya secara asal-asalan atau yang terencana dan profesional? Di sinilah pentingnya menabung. Hal ini sering diremehkan, tetapi dampak sebenarnya luar biasa. Salah satu yang paling utama adalah Anda tak lagi khawatir soal naik-turunnya harga yang tak terprediksi ketika menabung sudah jadi kebiasaan.

  • Pilih Kaplingan yang Tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk membangun rumah baru, konsultasikan dulu pada Realtor (agen real estate). Hal ini penting dilakukan untuk memperkirakan biaya mulai dari tanah hingga lain-lain. Apakah Anda mau bangun di pinggiran kota atau di bukit tempat Anda bisa memandang laut, tentu hal ini lebih penting daripada merencanakan soal lantai atau detail rumah lainnya.

Selain untuk patokan harga, juga soal kenyamanan. Anda akan membutuhkan faktor penting seperti kondisi tanah, drainase, ciri khas sebuah kawasan, dan kode etik pembangunan rumah dalam sebuah negara. Sebagus apa pun rumah Anda ketika sudah dibangun, kalau tak memperhatikan poin-poin ini, bisa jadi hasilnya sia-sia.

  • Ambil Rencana lewat Online

Banyak perencanaan rumah baru bisa Anda lihat lewat online. Di zaman yang serba mudah ini, Anda tak perlu repot-repot memikirkan semua sendiri. Temukan rencana yang tepat dan ideal. Para desainer juga kontraktor sekarang lebih menawarkan jasa lewat online, karena selain mudah, juga bisa gampang menemukan klien. Mudah, bukan?

Biasanya para kontraktor maupun desainer profesional di internet akan membuat banyak katalog perencanaan pembangunan rumah baru. Jumlahnya tentu amat melimpah. Ini sangat membantu karena lahir dari ide-ide orang yang ahli, berbeda dengan ketika Anda bertanya perencanaan rumah baru pada tetangga. Jawaban yang didapat biasanya datar-datar saja alias umum.

  • Membangun Tim

Setelah memilih desainer dan kontraktor yang tepat, sudah saatnya Anda membangun tim. Kunci pembangunan yang sukses itu pasti terdapat anemer (pemborong), ekskavator (penggali), peninjau, dan desainer atau arsitek. Pilih arsitek yang benar-benar Anda butuhkan. Pilih yang benar-benar berkualitas, sebab, rumah akan menjadi teman Anda hingga mati.

  • Negosiasi Kontrak

Buatlah surat kontrak hitam di atas putih agar pembangunan bisa berjalan sesuai keinginan. Apa yang seharusnya ada dalam surat kontrak? Biasanya terdiri dari gambaran detail proyek, termasuk barang-barang apa saja yang nantinya ditempatkan dalam rumah. Tanpa detail yang signifikan, rumah Anda mutunya akan landai-landai saja, nanti jatuhnya pada kualitas.

Lima langkah ajaib ini bisa diterapkan oleh siapa pun. Ketika Anda mau bangun rumah baru sendiri, saat itu juga Anda akan sadar bahwa membangun sebuah rumah bukan pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam sehari. Hal paling penting lainnya ketika Anda sudah memiliki perencanaan yang tepat adalah Anda akan terhindar dari pikiran stres. Problematika awal pembangunan itu benar-benar kompleks.