3 Kesalahan dalam Desain Interior Rumah Sederhana

Kesalahan dalam mendesain interior rumah bisa terjadi pada siapapun. Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya Anda bercermin dari pengalaman desainer yang sudah ahli. Kesalahan bisa terjadi tidak hanya pada jenis perabot dan hiasan yang digunakan, tetapi juga tata letak dan kombinasinya kurang pas.  

Di bawah ini akan saya sebutkan 3 kesalahan yang sering dilakukan dalam mendesain interior rumah yang sederhana.

1.Kesalahan Proporsi

Proporsi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam penataan sebuah ruangan. Keseimbangan yang dibutuhkan dalam sebuah ruangan terkait dengan jumlah barang, motif, warna dan ukurannya. Bila barang dalam suatu ruangan terlalu banyak atau sebaliknya, maka akan tidak proporsional dalam pandangan mata.

Terlalu banyak meletakkan perabot, aksesori dan dekorasi dalam ruangan tentunya akan membuat ruangan terlihat sesak. Terlalu banyak memajang foto-foto keluarga, perabot dan benda unik yang Anda beli pada ruang tamu dan keluarga Anda akan terlihat kurang proporsional.

Menggunakan motif  yang terlalu corak dan warna terlalu banyak juga kurang bagus hasilnya. Demikian pula pengaplikasian banyak motif bantal sofa, gorden, karpet meskipun kualitasnya bagus dan mahal, akan memberikan kesan terlalu ramai dan penuh.

2.Kesalahan Ukuran Barang

Kesalahan berikutnya dalam desain interior adalah kesalahan ukuran perabot. Kesalahan ini masih berkaitan erat dengan proporsi dan penempatan. Barang yang terlalu besar atau terlalu kecil justru akan memberikan nilai kurang harmonis pada ruangan Anda. Oleh karena itu, Sebelum membeli perabot untuk ruangan Anda, pastikan mengukur luas ruangan. Sehingga Anda hanya membeli perabot dengan ukuran dan model yang pas. Hal ini juga penting untuk mencegah pemborosan karena membeli perabot yang akhirnya tidak bisa atau tidak cocok digunakan dalam ruangan tersebut.

3.Kesalahan Konsep

Kesalahan berikutnya dalam desain interior adalah kesalahan dalam konsep. Memadukan konsep ruangan lebih dari dua akan memberikan kesan yang tidak harmonis.  Sebaiknya perpaduan konsep rumah hanya dua konsep saja, seperti minimalis futuristik, minimalis etnik, atau minimlais oriental.

Tidak perlu berlebihan dalam menambahkan konsep lain karena justru akan menimbulkan ketidakteraturan. Anda bisa memanfaatkan majalah desain dan internet untuk mendapatkan desain-desain interior menarik untuk diaplikasikan.

Demikianlah informasi seputar 3 kesalahan dalam desain interior rumah sederhana yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat.