3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan tol merupakan sebuah jalan bebas hambatan bagi kendaraan roda empat. Tentu saja keradaan ronda dua, dilarang masuk kedalam jalan tol. Setiap negara di dunia termasuk Indonesia, pasti memiliki ruas jalan Tol sebagai jalur alternatif kemacetan. dari sekian banyaknya ruas jalan tol yang ada di Indonesia, ternyata ada beberapa yang termasuk kedalam jalan tol terpanjang. “untuk lebih jelasnya lagi”, berikut ini akan saya sampaikan 3 jalan tol terpanjang di Indonesia.

  1. Jalan Tol Cipularang

Dibangun pada awal tahun 2005 serta dikelola oleh PT Jasa Marga, jalan tol Cipularang ini merupakan salah satu jalan tol terpanjang di Indoensia. Menurut informasi yang didapat, jalan tol Cipularang memiliki panjang mencapai 58,6 km. Nama Cipularang sendiri adalah singkatan dari Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

  1. Jalan Tol Jagorawi

Selanjutnya adalah jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi), yang merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia. Jan tol ini dibangun pada awal tahun 2003, dan selesai pada tahun 2005. Berdasarkan sumber informasi yang didapat, panjang dari jalan tol Jagorawi ini mencapai 59 km.

  1. Jalan Tol Cipali

Cikopo-Palimanan atau yang biasa disingkat dengan Cipali, adalah sebagai peringkat ke-1 dalam urusan panjangnya sebuah jalan tol. Bagaimana tidak, jalan tol Cipali ini memiliki panjang yang mencapai 116,75 km.