3 Cara Membedakan Daging Bakso

Bakso merupakan makanan olahan daging, yang berasal dari Indonesia. Biasanya ada 3 jenis daging hewan, yang dijadikan sebagai bahan pembuatan bakso tersebut, yakni daging sapi, ayam, dan ikan. Namun demi meraup keuntungan yang besar, ada sebagian oknum pabrik bakso yang bahan utamanya menggunakan daging babi. Mengingat negara Indonesia yang mayoritasnya beragama islam, tentu saja bakso daging babi tersebut adalah Haram. “sebagai bentuk antisipasinya”, berikut ini akan saya sampaikan 3 trik cara membedakan antara bakso daging sapi dan bakso daging babi.

  1. Cium Aromanya

“Berdasarkan pengalaman saya” bau amis dan anyir pada bakso daging babi itu lebih tajam, ketimbang bau amis pada bakso daging sapi. Apabila kamu mendapati sebuah bakso yang bau amisnya mencolok, sudah dipastikan bahwa bakso tersebut terbuat dari daging babi.

  1. Perhatikan Teksturnya

Bakso daging celeng (babi hutan) memiliki tekstur yang lebih kasar. Berbeda dengan tekstur pada bakso daging sapi yang lembut. Dan biasanya, bakso daging babi tersebut akan mudah pecah saat di belah menggunakan sendok.

  1. Perhatikan Harga Baksonya

Salah satu trik yang paling ampuh adalah, cermati dan perhatikan harga pada bakso tersebut. Jika harga sebuah bakso tersebut jauh lebih murah dari yang biasanya, maka sudah bisa dipastikan bahwa bakso itu sudah di oplos dengan daging celeng.